Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

Kapolda Jawa Barat
Drs.MOCHAMAD IRIAWAN,SH,MM,MH
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil

RAPAT KERJA TEKNIS FUNGSI BINMAS JAJARAN POLDA JABAR TAHUN 2012

Bandung – Direktorat Binmas Polda Jabar, Kamis (1/3), mengadakan rapat kerja teknis bertempat di Aula Muryono Mapolda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung. Rapat kerja teknis yang mengambil tema “Melalui rakernis fungsi Binmas, kita tingkatkan pemberdayaan dan peran fungsi Binmas jajaran Polda Jabar dalam mewujudkan Jawa Barat yang kondusif” tersebut, diikuti oleh Kasat Binmas Polres/tabes dan Kanit Binmas Polsek/ta/tabes jajaran Polda Jabar. Rapat kerja teknis fungsi Binmas tersebut dibuka secara resmi oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Drs Putut Eko Bayuseno, SH. dengan dihadiri oleh Waka Polda Jabar Brigjen Pol Drs Hengkie Kaluara, Irwasda Polda Jabar Kombes Pol Drs Haroan Ritonga dan para pejabat utama Polda Jabar.
Kapolda Jabar dalam sambutannya pada rakernis fungsi Binmas tersebut menyampaikan bahwa saat ini Grand Strategy Polri telah memasuki tahap kedua tahun 2010 – 2014 dengan fokus membangun kemitraan (Partnership Building) sebagai keberlanjutan dari pencapaian Renstra Polri tahap pertama, yaitu membangun kepercayaan masyarakat sebagai landasan kesinambungan menuju Renstra Polri tahap ketiga tahun 2015 – 2025 dengan fokus untuk mencapai keunggulan Polri (Strive For Excellence). Untuk merealisasikan Grand Strategy tahap II tersebut, maka Polri juga telah mencanangkan dan menjalankan program revitalisasi, dimana Road Map Reformasi Birokrasi Polri difokuskan dengan tiga program, yaitu penguatan institusi, terobosan kreatif dan peningkatan integritas, sehingga diharapkan dapat menguatkan dan meningkatkan kinerja institusi Polri menuju pelayanan prima kepada masyarakat.
Sementara itu, lanjut Kapolda, sejalan dengan kebijakan Reformasi Birokrasi Polri, diharapkan seluruh agenda perubahan Polri dapat diintegrasikan menjadi landasan dalam peningkatan kinerja dan pembenahan Polri disemua lini, termasuk di dalamnya jajaran fungsi Binmas sebagai ujung tombak dalam kegiatan membangun kemitraan. Dengan kemitraan, Bhabinkamtibmas telah berhasil mengungkap kasus-kasus kriminalitas seperti kasus curanmor, uang palsu dan kasus pengiriman TKW illegal. Tantangan peran dan tugas fungsi Binmas saat ini difokuskan untuk mengembangkan program kemitraan Polri dan masyarakat dengan mengoptimalkan strategi pemolisian komunitas dalam mengantisipasi dan menyelesaikan masalah sosial di masyarakat. Personil fungsi Binmas diharapkan memiliki kemampuan sebagai simpul informasi, pengemban fungsi deteksi dini, sebagai problem solving yang handal, dapat dipercaya dan bertanggung jawab di dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Di samping itu, berbagai terobosan kreatif yang telah dicanangkan Polda Jabar seperti program 1 Polisi 1 desa/kelurahan, pemberdayaan Bhabinkamtibmas dalam door to door system, penugasan perwira Bhabinkamtibmas di kawasan tertentu, penggelaran Program Polisi Peduli Pendidikan melalui pemanfaatan dana CSR perusahaan serta kegiatan pembinaan masyarakat rutin lainnya kiranya dapat terus dioptimalkan sehingga dapat semakin mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah Jawa Barat. Para Bhabinkamtibmas diharapkan selalu mendatangi setiap komunitas menyampaikan salam serta memberikan nomor handphone yang bisa dihubungi. Terkait rencana pemerintah menaikan harga BBM, Kapolda Jabar menyampaikan bahwa saat ini produksi minyak kita tidak lebih dari satu juta barrel per hari, sementara penggunaan BBM lebih dari satu juta barrel per hari.
Sumber : Siaran Pers Bid Humas Polda Jabar