Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

Kapolda Jawa Barat
Drs.MOCHAMAD IRIAWAN,SH,MM,MH
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil

Polisi Intensifkan Patroli

PURWAKARTA – Tingginya angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di sepanjang ruas tol Cipularang membuat Polres Purwakarta mengintensifkan patroli di sepanjang jalan tol tersebut.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Agus Wahyudin mengatakan, sebelumnya kegiatan patroli sudah dilakukan oleh Patroli Jalan Raya (PJR) Induk Cipularang.Tetapi, kini lebih ditingkatkan. Semisal, menyesuaikan dengan pola waktusaatperistiwakecelakaan yang banyak terjadi malam hari, antara pukul 24.00-06.00 WIB. Dalam satu pekan terakhir ini jajarannya membentuk dua regu dengan penjadwalan patroli antara rentang waktu tersebut. Regu pertama masuk ke jalur tol antara pukul 22.00- 24.00 WIB. “Kemudian regu kedua antara pukul 24.00-02.00 WIB, menggantikan regu pertama. Selanjutnya regu pertama masuk kembali ke dalam tol sampai pagi,”kata Agus.

Regu yang berpatroli itu bertugas bersama-sama dengan PJR. Mereka ditempatkan di lokasi-lokasi rawan kecelakaan yang ada dalam wilayah hukum Polres Purwakarta,yakni antara km 67 sampai km 101.Keberadaan polisi menggunakan mobil patroli yang dilengkapi lampu rotator, setidaknya dapat menyadarkan pengguna jalan dari rasa kantuk. Upaya itu dilakukan lantaran penyediaan sarana prasarana penunjang lalu lintas yang menjadi kewenangan PT Jasa Marga belum maksimal,seperti penerangan jalan umum (PJU) dan rambu-rambu.

Beberapa waktu lalu Satlantas Polres Purwakarta sudah berkirim surat ke PT Jasa Marga agar dipasang spanduk yang berisi imbauan kepada pengguna jalan agar lebih berhati-hati.Spanduk tersebut bisa dipasang pada jembatan agar terlihat dengan jelas. Soal sarana prasarana lalu lintas di dalam tol Cipularang yang bisa menjadi shock therapy bagi pengemudi mengantuk, Agus mengatakan,adanya warning light, serta pengejut (semacam polisi tidur) yang bisa membuat pengemudi terjaga bila mengantuk.

Kanit Laka Polres Purwakarta Iptu Rullyanto Fahroen mengungkapkan, saat ini sudah terbentuk tim terpadu penanggulangan laka lantas.Tim ini gabungan dari Polres Purwakarta, PJR, PT Jasa Marga, serta PT Jasa Raharja. “Keberadaan tim ini agar penanganan setiap peristiwa laka lantas dapat ditangani dengan cepat,”katanya. Selama 2012,kecelakaan di tol Cipularang telah terjadi sekitar 10 peristiwa dan menyebabkan delapan meninggal dunia serta puluhan orang mengalami luka.

Seperti pada Senin (5/3),kecelakaan di ruas tol Cipularang menelan korban. Mobil boks jenis L-300 nopol Z 8199 NB bertabrakan dengan truk. Diduga akibat sopir mengantuk. Akibatnya, satu orang meninggal dunia. asep supian (seputarindonesia)