Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

Kapolda Jawa Barat
Drs.MOCHAMAD IRIAWAN,SH,MM,MH
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil

Mojang Jajaka Ikuti Operasi Simpatik Lodaya 2012

SUBANG – Kegiatan Operasi Simpatik Lodaya 2012 di wilayah hukum Polres Subang, Jumat (1/6), di seputaran perempatan Wisma Karya melibatkan Mojang dan Jajaka Subang, serta Saka Bhayangkara. Untuk lebih menyemarakkan suasana, dihadirkan marching band SDN Langensari dari Jln. Ki Hajar Dewantara, serta dua unit kendaraan pelayanan STNK dan SIM.

Mojang dan Jajaka serta Pramuka Saka Bhayangkara berbaur dengan anggota satlantas membagikan booklet dan bunga kepada pengemudi mobil dan motor. Sesekali dilakukan peneguran karena pengendara berboncengan tanpa menggunakan helm serta tidak menyalakan lampu besar.

“Memang tujuan operasi ini untuk menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltiblantas), dan kita pun siapkan helm gratis,” kata Kasatlantas Polres Subang, AKP Asep Saepudin, seraya menyebutkan kegiatan operasi akan dilaksanakan selama 21 hari.

Menurut Kapolres Subang, AKBP M. Awal Chairudin, dalam Operasi Simpatik Lodaya 2012 ini pihaknya akan menerjunkan seluruh personel operasional lalu lintas dan diharapkan dengan operasi ini disiplin masyarakat dalam berlalu lintas mengalami peningkatan. Kapolres berharap, dalam pelaksanaannya di lapangan semua personel dapat menjalankan tugasnya dengan menggunakan metode 5S, yakni senyum, sapa, salam, sopan, dan santun. Dengan mengutamakan kegiatan preemtif, preventif serta represif yang berifat teguran lisan/tulisan.

“Namun tentunya tetap tegas dan simpatik. Hindari tindakan-tindakan yang arogan dan overacting yang dapat merugikan masyarakat. Adapun sasaran operasi simpatik yaitu pengemudi roda dua dan empat dengan memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan saat berkendara di jalan raya,” jelasnya.

Ditambahkan, operasi simpatik ini juga bersifat sosialisasi masalah lalu lintas sehingga pengguna jalan dapat mengedepankan fungsi lalu lintas. Pihaknya mengimbau masyarakat untuk menaati peraturan lalu lintas, melengkapi kendaraannya dengan surat-surat, dan meningkatkan kewaspadaan di perjalanan.

“Kita juga telah melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk berisikan tentang aturan berlalu lintas di beberapa titik-titik yang dinilai strategis. Sehingga, para pengguna jalan dapat melihat dan menerapkannya. Tujuannya adalah agar angka kecelakaan dan pelanggaran di Subang semakin menurun,” katanya.
(B.76)**(galamedia0