Kepolisian Negara Republik Indonesia
Daerah Jawa Barat
Melindungi dan Mengayomi Masyarakat

Kapolda Jawa Barat
Drs.MOCHAMAD IRIAWAN,SH,MM,MH
Inspektur Jenderal Polisi
Lihat Profil

PENERIMAAN CALON TAMTAMA BRIMOB DAN POL AIR T.A. 2012

BANDUNG – Kepolisian Negara Republik Indonesia melalui Polda Jabar memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia Pria/Wanita untuk dididik menjadi Calon Tamtama Polri untuk Fungsi Brimob dan Pol Air Tahun Anggaran 2012. Jumlah peserta didik seluruh Indonesia untuk Tamtama Brimob 1.000 orang dan Tamtama Pol Air 1.000 orang. Persyaratan umum terdiri dari : Warga Negara Indonesia, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME., setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang dinyatakan dengan surat keterangan dari Polres setempat, sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan), tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (surat keterangan dari Polres/tabes), berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bersedia ditugaskan pada bidang tugas Brimob dan Pol Air.
Berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS atau SMK (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) khusus Pol Air diutamakan SMK Perkapalan, Teknika, Nautika dan Elektro. Umur pada saat pembukaan pendidikan pembentukan Tamtama Brimob dan Pol Air T.A. 2012 tanggal 1 Agustus 2012 minimal 17 tahun 7 bulan dengan umur maksimal 21 tahun. Tinggi badan minimal 163 cm dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Tamtama Brimob dan Dalmas ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus, bersedia menjalani ikatan dinas Pertama (IDP) minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Tamtama Polri. Memperolah persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun, tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain. Telah berdomisili di wilayah Polda Jawa Barat minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga atau ijazah/STTB/rapor.
Peserta melaksanakan pendaftaran yang diawali dengan registrasi secara online melalui website www.penerimaan.polri.go.id. Selanjutnya setelah mendapatkan ID Registrasi, peserta datang sendiri (tidak diwakilkan) menukarkan ID Registrasi ke tempat pendaftaran dengan membawa dokumen asli dan membawa masing-masing 1 lembar foto copy yang telah dilegalisir, terdiri dari : ijazah/STTB SD, SMP, SMU/MA, SMK (foto copi dilegalisir oleh Diknas Kabupaten/Kota setempat atau sekolah), buku rapor SD, SMP, SMA/MA, SMK (foto copi dilegalisir sekolah masing-masing).

Persyaratan berikutnya Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (foto copi dilegalisir Dinas Kependudukan setempat), Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres/tabes (foto copi dilegalisir Polres/tabes yang menerbitkan), Surat Keterangan Sehat dari institusi kesehatan di luar Polri seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum (foto copi dilegalisir instansi yang menerbitkan), KTP atas nama pendaftar (yang telah berdomisili di wilayah hukum Polda Jabar minimal 1 tahun, dengan tanggal penerbitan KTP minimal 7 Maret 2011 dan foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), KTP orang tua /wali (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), Kartu Keluarga (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), pas photo berwarna dengan latar belakang kuning ukuran 4×6 sebanyak 16 lembar. Seluruh berkas tersebut dimasukan ke dalam map terpisah, yaitu satu map untuk berkas dukumen asli serta satu map untuk berkas foto copi.
Tempat pendataran di masing-masing Pabanrim (Polres/Tabes jajaran Polda Jabar) setiap hari kerja mulai tanggal 5 Juni sampai dengan 14 Juni 2012 pukul 07.00 wib. s.d. 15.00 wib. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda Jabar di Subbag Diapers Bag Dalpers Biro SDM Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung Telp. (022) 7811386/7800011/7800012 dan fax (022) 7811386 atau Polres/Tabes yang terdekat serta di website http://diaperspoldajabar.net.

Bandung, 6 Juni 2012
BID HUMAS POLDA JABAR