Categories Berita Hari IniHOT NEWSTravel

Desa Cibuntu Dinobatkan Sebagai Desa Terbaik di Asia Tenggara

Desa Cibuntu

Jalan-jalan ke Jawa Barat, Tentu anda sebaiknya mampir ke Desa Cibuntu. Sebab Desa Cibuntu dikabarkan menjadi salah satu desa wisata terbaik di Jawa Barat yang sempar meraih ajang penghargaan tingkat nasional. Desa Cibuntu pun diketahui pernah mewakili Indonesia di Asia Tenggara.

Dan lokasi desa tersebut berada di Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan. Cibuntu pun dijuluki menjadi desa wisata terbaik urutan lima tingkat ASEAN pada 2016 dalam bidang homestay. Sementara untuk di 2017 ini, Cibuntu pun kembali terpilih menjadi salah satu desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia pada  ajang Community Based Tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Maka dari itu, di tahun yang akan datang, desa Cibuntu bakal kembali mewakili Indonesia kembali di level ASEAN. Cibuntu mempunyai puluhan homestay yang bersih. Wisata bumi perkemahan serta situs mempunyai daya tarik tersendiri di mata para wisatawan.

Desa itu berlokasi di lereng gunung maka dari itu para wisatawan yang berkunjung bisa melihat pemandangan Gunung Ciremai. Dan jalan-jalan ke desa ini pun tidak akan membuat anda merasa sebab semuanya sudah diatur sedemikian rupa agar membuat wisatawan nyaman berada di sana.

Udara sejuk pun menjadi salah satu ciri khas tersendiri di kawasan tersebut. Tidak karena hanya situs peninggalan zaman dulu, Cibuntu mempunyai sumber air yang dinamai sebagai Sumber Kahuripan.

“Begitu banyak yang belajar pengelolaan mengenai desa wisata ke sini, mulai dari Sulawesi, Yogya, Solo, dan masih banyak daerah lainnya. Desa ini merupakan desa wisata, namun bukan obyek wisata. Peluncuran awal desa wisata tersebut pada tahun 2012,” Tutur Kepala Desa Cibuntu Awam.

Ia pun turut mengatakan bahwa jumlah penduduk di desanya tidak terlalu banyak, hanya seribuan orang. Tapi ia bersyukur masyarakatnya kompak dalam mewujudkan Cibuntu sebagai desa wisata. Pembinaan pada masyarakat desa mengenai sapta pesona wisata, ia menuturkan bahwa itu merupakan salah satu hal yang penuh perjuangan.

“Alhamdulillah, sampai saat ini masyarakat sadar mengenai sapta pesona itu. Dan hal terpentingnya kita menyajikan berbagai kenyamanan, kebersihan, sopan, dan masih banyak lagi. Dan setiap ada tamu yang berkunjung, bakal disambut dengan tradisi kita. Dan umumnya tamu tersebut bisa berupa rombongan bus,” Lanjutnya.

Ia pun juga menuturkan bahwa gagasan membuat Cibuntu dijuluki sebagai desa wisata diawali saat dilakukan penelitian oleh tiga mahasiswa Universitas Trisakti. Dan dari hasil penelitian itu, Awam menuturkan bahwa, mahasiswa Trisakti memberikan kesimpulkan bahwa Cibuntu mempunyai potensi besar pada bidang kepariwisataan.

“Dari situ kita pun tidak hanya diam dan langsung bergerak, saat itu tahun 2011. Dan, 2012 pun kita launching. Di sini, kandang domba tersebut tidak ada di perkampungan, masyarakat yang mempunyai domba dipisahkan serta disatukan di lahan tersendiri. Semua kita atur, masyarakatnya pun juga dibina,” Tutup Awam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *