Categories Berita Hari IniHOT NEWS

DKI Jakarta & Jawa Barat Waspada Badai Tropis Dahlia

Badai Tropis Dahlia

Nampaknya Badai tropis Dahlia sempat terdeteksi di wilayah barat daya daerah Bengkulu pada Rabu (29/11/17) sekitar pukul 19.00 WiB. Dan sejak Kamis (30/11/17) Pagi tadi. BMKG telah mencatat pergerakan badai tersebut yang kian lama mengarah ke wilayah sebelah barat daya Kota DKI Jakarta.

“Letak Siklon Tropis Dahlia, pada hari ini sekitar pukul 07.00 pagi berada di wilayah perairan Samudera Hindia Barat Daya Jakarta dengan kecepatan angin maksimum bisa mencapai angka 65 km/jam, kemudian bergerak ke arah Tenggara dengan kecepatan gerak sekitar 13 km/jam,” Ungkap BMKG melalui laman resminya di Twitter.

Dengan pergerakan badai ini, wilayah Jakarta dan Jawa Barat harus siaga terhadap dampaknya berupa hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat yang disertai angin kencang.

Badai Tropis Dahlia

Pergerakan tersebut membuat wilayah Jakarta dan juga Jawa Barat mesti siap siaga akan ancaman hujan lebat yang disertai angin kencang.

Pihak BMKG pun mengumumkan kalau siklon Dahlia ini tak akan hanya menimbulkan hujan lebat di wilayah pesisir barat Bengkulu sampai Lampung. Namun juga akan menyebabkan turunnya hujan wilayah Selatan Banten, DKI Jakarta, hingga Jawa Barat bagian Selatan.

Dan sementara itu, kemungkinan terjadinya angin kencang hingga mencapai lebih dari 20 knot juga dikabarkan akan terjadi di wilayah Barat Bengkulu sampai Lampung, kemudian Banten serta Jawa Barat bagian Selatan.

Badai Tropis Dahlia

Sesuai dengan laporan BMKG, Cuaca ekstrem seperti ini dengan ketinggian gelombang hingga mencapai 4 meter ini diperkirakan akan terjadi sampai 4 Desember 2018 mendatang.

Kemudian, BMKG juga memperkirakan bahwa selama 24 jam ke depan, pada hari Jumat (1/12/17), Siklon tropis Dahlia akan berada di wilayah Samudera Hindia bagian Selatan tenggara Jakarta dengan besarnya kecepatan angin paling tinggi bisa mencapai 95 km/jam yang akan bergerak ke arah tenggara menjauhi wilayah Indonesia.

Dan karena itu, BMKG lantas menghimbau agar masyarakat tetap waspada dengan potensi terjadinya banjir ataupun longsor untuk daerah yang berintensitas hujan tinggi, di daerah rawan banjir serta longsor.

Situasi tersebut pun juga dapat menimbulkan angin kencang yang bisa menimbulkan pohon ataupun papan reklame hingga baliho bisa tumbang. Dan karena itu pula, Masyarakat dihimbau agar tidak meneduh di bawah tempat-tempat yang telah disebutkan tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *