Categories Berita Hari IniHiburanTravel

Karnaval Kemerdekaan di Bandung Sabtu ini

Kota Bandung didapuk sebagai tuan rumah Karnaval Kemerdekaan 2017 Event bertajuk ‘Pesona Parahyangan’ itu dilaksanakan pada Sabtu 26 Agustus 2017. Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir.

Karnaval ini akan menghadirkan berbagai macam kreasi seni dan budaya khas dari seluruh provinsi di Indonesia juga kabupaten/kota di Jawa Barat. Jadwal Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang akan berlangsung pada hari Sabtu 26 Agustus 2017, mengalami perubahan jadwal dari yang sebelumnya dimulai pukul 08.00 WIB diubah jadwalnya menjadi pukul 14.00 WIB.

Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan akan menyaksikan dan terlibat langsung dalam Karnaval Kemerdekaan ini. Karnaval akan menempuh jarak 2,2 km lebih, mulai dari Gedung Sate (Lapangan Gasibu) melalui Jalan Dago dan berakhir di Alun-Alun Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, pihak panitia telah mempersiapkan kendaraan hias khusus untuk orang nomor satu di Indonesia itu. Selain itu, Presiden pun akan mengenakan baju adat saat ikut dalam rombongan karnaval.

“Pak Jokowi juga akan memakai baju adat Sunda, tapi jenisnya belum diketahui,” ucap Emil, sapaan akrabnya, di Pendopo Kota Bandung, Rabu (22/8/2017).

untuk membuat karnaval ini makin meriah, penyelenggara juga akan melibatkan karnaval-karnaval terkenal lainnya di Indonesia, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon International Flower Festival. Selain itu, karnaval kali ini juga akan diramaikan Rombongan Rebana dari Pondok Pesantren Nurul Iman, Karaton Kapangeranan Gebang Kinatar Cigugur Kuningan, Kuda Renggong Sumedang, Kesenian Gotong Garuda, Reog Ponorogo, kesenian Sisingaan asal Subang, serta perwakilan budaya berbagai provinsi di Indonesia.

Selain itu, karnaval ini juga akan melibatkan berbagai komunitas anak muda dan komunitas budaya di Bandung seperti Paguyuban Sepeda Baheula Bandung Komunitas Historia Van Bandung Pemain Engrang Jack Obin Mojang Lenjang dan Jajaka Gandang Priangan Atlet Sepatu Roda KONI Bandung, dan Komunitas Cosplay Bandung.

Rangkaian kegiatan karnaval di Bandung akan dimulai pukul 14.00 WIB dengan panjang lintasan karnaval keseluruhan 3.8 km. Rangkaian Karnaval akan di mulai dari depan Gedung Sate menuju ke Jl. Ir. H. Juanda (Jl. Dago), Jl Merdeka menuju ke Taman Vanda. Di Taman Vanda Presiden RI dan Ibu Negara akan turun untuk menyaksikan rangkaian Karnaval. Selanjutnya rangkaian Karnaval akan menuju Alun-alun Masjid Raya Jl. Asia Afrika. Selain itu, akan ada Festival Komunitas di Jl. Sukarno dan Taman Sungai Cikapundung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *