Categories Berita Hari IniHOT NEWSPolitik

Kelanjutan Pemindahan Ibu Kota Jakarta Indonesia

Jakarta – Wacana pemindahan ibu kota masih berlangsung oleh Pemerintahan DKI Jakarta atas wacana dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setidaknya sudah ada tiga kota yang dikaji mendalam sebagai bakal calon Ibu Kota Indonesia berikutnya.

Demikianlah diungkapkan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Ada beberapa komponen yang dikaji. Dalam kelompok pertama, yaitu dari sisi topografi, hidrologi hingga kemungkinan daerah akan terkena bencana seperti gempa bumi dan lainnya. Kelompok kedua adalah ketersediaan lahan.

“Ketersediaan lahan kita lihat apakah ada lahan hutan di sana yang bisa dikonversi, bagaimana pemilikan lahan. Apakah lahan-lahan itu telah diberikan hak, misalnya, apa HGU (Hak Guna Usaha) atau tanah industri, kita harus lihat,” ujarnya.

Lahan memang menjadi persoalan yang cukup sulit. Sehingga sampai sekarang belum ada keputusan dari pemerintah. “Karena kan harus ada basis lahan pertama, itu. Itu belum ada keputusan di mana,” imbuhnya.

Sofyan tidak menyangkal bakal kemungkinan pembukaan lahan hutan baru. Ia pun menganggap hal tersebut bukan menjadi masalah besar. “Lahan memang selalu dibuka kan ? apakah untuk kebun atau untuk kota,” ujarnya.

Menko Perekonomian Darmin Nasution diwaktu yang sama menjelaskan perencanaan tentang Pemindahan Ibu kota Indonesia akan diputuskan lewat rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi.

“Itu nanti ada ratas saja saya kira,” pungkas Darmin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *