Categories Travel

Mampir Ke Tasikmalaya, Jangan Lupa Cicipi Kuliner Berikut

TASIKMALAYA (Lodaya) – Jalan-jalan ke Kota Santri, Tasikmalaya. tak lengkap dong bila tak mencicipi kulinernya? Di tahun 2017 ini Pemerintah Kota Tasikmalaya sempat membuat gebrakan baru untuk menunjang sektor pariwisatanya, bertajuk “Tasik Siap” yang diusung oleh Budi Budiman itu, Tasikmalaya seakan siap untuk membuat sebuah gebrakan baru, dan siap bersaing dengan kota terkenal lain di wilayah Nusantara.

Beralih pada beragam menu kuliner yang mampu membuat lidah bergoyang, Masakan khas Tasikmalaya apa sih yang menurut kalian paling enak? Selain somay yang menjadi andalannya. Ternyata, masih banyak lho sederetan panganan khas Tasikmalaya yang patut dicoba. Apa saja itu? Mari simak penjelasan berikut ini.

1. Surabi

Siapa yang tidak mengenal panganan yang satu ini? Kue surabi asal Tasikmalaya rupanya berbeda dari Sorabi pada umumnya. Satu yang menjadi hal unik dan menarik dari pangangan yang satu ini adalah menu Surabi yang dimakan dengan lauk oncom sebagai toppingnya serta tambahan rempeyek diatasnya.

Kalau pada Surabi manis, yang menggunakan gula jawa atau berbagai manisan seperti cokelat sebagai toppingnya, lain lagi Sorabi asal Tasikmalaya ini. Surabi Tasikmalaya ini juga bisa anda jadikan menu alternatif pengganti sarapan lho, dan harga yang ditawarkan sangat pas dikantong, yakni dengan seribu rupiah per surabi.

 

2. Nasi Tutug Oncom

Ini nih yang tak boleh Anda lewatkan bila mampir ke Tasikmalaya. Nasi Tutug Oncom. Kuliner ini merupakan makanan khas dari Kota Tasikmalaya. Nasi hangat yang dicampur dengan oncom kering yang sudah dimasak terlebih dahulu dengan berbagai bumbu khas sunda seperti kencur, bawang putih dan lain-lain ini sangat digemari oleh semua kalangan. Selain harganya yang terjangkau, Panganan khas Tasikmalaya yang satu ini juga bercita rasa yang tak ada duanya. Biasanya nasi TO ini ditemani dengan sambal goang dan mendoan panas. Ada juga yang menyajikannya dengan ikan peda dan pencok kacang.

 

3. Mie Ayam Bakso

Tasikmalaya, salah satu pelopor menu daging olahan seperti bakso memang patut diacungi jempol kalau sudah berbicara soal rasanya. Mulai dari yang betul khas tasikmalaya sampai yang pendatang dari luar kota hits di sana. Satu nih tempat makan mie bakso yang paling hits di Tasikmalaya, yakni Mie Ayam Bakso Laksana Jalan Pemuda, yang berlokasi tepat di belakang kantor DPRD Kota Tasikmalaya. Menu yang ditawarkan di sana juga beragam, mulai dari Mie Ayam Bakso Yamin, yakni Bakso yang bercita rasa manis karena campuran kecap, mie ayam bakso kuah. Dari dua varian itu juga masih ada tambahan lain, anda bisa mendapatkan tambahan babat sapi, pangsit, dan masih banyak lagi.

 

4. Karedok

Kalau anda adalah seorang vegetarian, maka menu ini sangat cocok untuk anda. Karedok, makanan yang terdiri atas beragam sayuran, seperti kubis, kacang panjang, timun, tauge, kentang rebus yang kemudian disiram bumbu kacang. Wiiihh muantepp poll.. Selain karena rasanya enak, Karedok ini juga menyehatkan banget.

 

5. Bubur Ayam

Bubur Ayam asal Tasikmalaya bukanlah sembarang Bubur Ayam. yang terkenalnya di Tasikmalaya, Anda bisa mendatangi sebuah warung bubur ayam H. Zainal yang berlokasi di Jalan Kalektoran. Bubur Ayam di sana rasanya benar-benar menggoyang lidah anda, dengan paduan ayam suwir, potongan kecil cakwe, telur, ati ample, kacang serta gurihnya kerupuk mampu membuat pagi anda menjadi lebih bersemangat. Harganya juga murah, hanya berkisar antara 15 ribu hingga 20 ribu saja seporsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *