Categories Berita Hari IniHOT NEWSTravel

Mekarnya Bunga Bangkai Dalam Pot di Kebun Raya Bogor

amorphophallus titanum

Bunga bangkai tertinggi yang berada di dalam pot di Kebun Raya Bogor, kini tumbuh dan berkembang hingga saat ini mencapai ketinggian dua meter serta lebar kuncup 114 cm.

Dikabarkan, bahwa Bunga Bangkai ini merupakan Bunga Bangkai tertinggi pertama di Kebun Raya Bogor, “Ini merupakan bunga bangkai paling tinggi yang pernah mekar di Kebun Raya Bogor semenjak saya memulai penelitian sejak tahun 2011. Pada tahun 2014 lalu saja tingginya masih 198 cm,” Ungkap Koordinator Kelompok Peneliti Konservasi Tumbuhan Kebun Raya-LIPI Dian Latifa ketika ditemui di Kebun Raya Bogor, Minggu.

 Bunga Bangkai Dalam Pot

Ia juga menuturkan bahwa bunga tersebut adalah yang pertama kali dikembangkan di dalma pot. Bila sebelumnya, bunga bangkai hanya mekar secara alami di permukaan tanah saja.

Diketahui, bunga ini telah menampilkan tanda-tanda pertumbuhan yang signifikan semenjak dua minggu lalu. Dan kini mulai mekar semenjak Sabtu (04/11) pada pukul 13.00 WIB.

“Bunga mekar secara sempurna pada malam hari sekitar pukul 21.00 WIB dengan tinggi 200 cm serta diameter kembangnya 114 cm,” Tutur Dian.

Dan seiring proses mekarnya bunga tersebut, para peneliti PKT Kebun Raya-LIPI pun terus mengawasinya selama 24 jam. Setiap inci perubahannya terus dicatat dan didokumentasikan.

Ketika mekar secara sempurna bungkai bangkai akan mengeluarkan aroma yang menjadi ciri khas bunga bangkai yang berfungsi sebagai alat pemikat serangga.

“Bunga Bangkai sebab mempunyai aroma khas bangkai, itu tujuannya untuk memikat serangga datang membantu bunga dalam proses polinasi, bukan untuk dimakan,” Lanjutnya.

Hingga kini bunga bangkai pun secara perlahan mulai kuncup. Sedangkan tongkolnya pun mulai layu, hendak masuk ke proses dorman yaitu, masa hibernasi yang nantinya akan tumbuh lagi dalam bentuk bibit,

Tak hanya itu, Bunga Bangkai diklaim mempunyai segudang keunikan, antara lain, pertumbuhannya sukar untuk diprediksi, serta butuh waktu yang sangat lama untuk dapat melihat bunga tersebut mekar.

“Setidaknya, butuh waktu sekitar empat tahun untuk melihatnya mekar kembali,”

Dan alhasil, mekarnya bunga bangkai pun membuat minat para wisatawan meningkat di Kebun Raya Bogor. Semenjak di pagi hari para pengunjung terus berdatangan, menikmati momen unik tersebut.

Peneliti PKT Kebun Raya LIPI Yuzammi pun menuturkan bahwa bunga bangkai adalah salah satu koleksi tumbuhan PKT Kebun Raya LIPI hasil ekplorasi dan penelitian antara PKT Kebun Raya LIPI serta Kebun Raya Liwa, Lampung pada kawasan Hutan Lindung Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *