Categories Berita Hari Ini

Pabrik PT Prima Sandang Lestari (PSL) Terbakar

Sebuah pabrik kain tenun yang terletak di Jalan Golf No 2 RW 01 RW 01 Kelurahan Cisaranten Wetan Kecamatan Cinambo Kota Bandung ludes dilalap si jago merah. Kebakaran ini terjadi pada Kamis (19/10) dini hari sekitar pukul 03.55 WIB.

Akibat Kebakaran itu setidaknya menghanguskan kurang lebih 200 mesin. Menurut manajer perusahaan PT PSL Prisamata Sandang Lestari Ato Sutarto (46) mesin tenun tersebut berada di ruangan pemintalan kain di bagian dalam pabrik.

“Mesin tenun yang ada di ruangan pemintalan habis terbakar kurang lebih 200 mesin hangus,” ujar Ato Sutarto. ketika mengetahui api dengan cepat merambat ke mesin tenun lain operator langsung mencoba membantu memadamkan api menggunakan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR).

Kepala Bidang Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Kota Bandung Kurnia Saputra mengatakan pabrik kain tenun yang terbakar bernama PT PSL Prisamata Sandang Lestari. Pabrik milik Widodo (52 tahun) dengan luas bangunan yang terbakar yakni 6.000 meter persegi.

“Objek yang terbakar pabrik tenun kain dengan mesin tenun sebanyak 150 unit serta bahan baku tenun. Dengan luas bangunan terbakar 6.000 meter pesegi,” kata Kurnia.

Api yang merambat hingga mesin tenun berhasil dipadamkan namun ternyata api juga merambat melalui instalasi blower yang melintang di atas gedung. Sehingga ratusan mesin tenun dibagian pemintalan tersebut hangus terbakar dan tak ada yang bisa diselamatkan.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sebab ketika kebakaran terjadi karyawan sempat menyelamatkan diri keluar pabrik dan sebagian karyawan sempat berusaha memadamkan api.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *