Categories Berita Hari IniHOT NEWS

Gusur Lapak PKL, Pemkot Cirebon Beri Janji Palsu Sediakan Relokasi

Pemkot Cirebon Gusur Lapak PKL

Kesatuan Satpol PP, kepolisian, Denpom, dan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPK UKM) Kota Cirebon dikabarkan tengah menertibkan para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Jalan Pemuda.

Herbinawan mengatakan bahwa ia beserta anggota lainnya akan mulai melakukan operasi penertiban selama empat hari pada kawasan tersebut, terhitung mulai dari hari Selasa (21/11/17) hingga Jumat (24/11/17).

“Kan sebelumnya kita sudah memberikan surat teguran. Dan ternyata hari ini para pedagang tersebut sudah mulai membongkar lapak mereka sendiri,” Tuturnya. Selasa (21/11/17).

Ia pun juga menuturkan bahwa pihaknya enggan melakukan kontak fisik dengan para PKL. Dan karena itulah Pemkot Cirebon lebih memilih untuk menertibkannya secara humanis. Usai melakukan penertiban, ia menambahkan, bahwa Satpol PP menganggap bahwa ia akan terus mengawasi trotoar di Jalan Pemuda.

“Kami tidak akan mengambillangkah berupa tindakan yang kasar. Harapan kami hanya agar ini sesuai dengan perda tentang ketertiban umum supaya trotoar bersih. Kami pun menyarankan supaya mereka berpindah jadi mundur sekitar dua meter ke belakang dan jangan membuat lapak permanan,” Lanjut Herbinawan.

Dan di lokasi yang sama, Salah satu PKL sejak pukul 07.30 WIB sudah mulai sibuk membenahi lapaknya. “Ada yang sudah dibawa barangnya sejak sabtu dan minggu lalu. Kalau gerobak saya tinggalin,” Tuturnya.

Ia juga mengakui bahwa para PKL juga memperoleh surat teguran sejak 2 November lalu, Ia juga mengatakan bahwa pemerintah akan merelokasi PKL di sana. Tapi, hingga sampai saat ini masih belum ada relokasi untuk para PKL.

“Bilangnya DPK UKM bakal mendata guna relokasi. Tapi, dari hari Jumat sampai Minggu lalu masih tidak ada pendataan. Padahal, kami sangat butuh karena untuk menafkahi keluarga,” Ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *