Categories Berita Hari IniHOT NEWS

Resmi, Upah Minimum Provinsi Jawa Barat 2018 Naik

Ahmad Heryawan atau yang akrab dipanggil Aher secara resmi telah menandatangani Upah Minimum Provinsi tahun 2018, yang kedepannya UMP ini bakal dijadikan patokan terhadap kabupaten/kota yang hendak menentukan upah minimum kabupaten/kota.

“Telah saya tanda tangani, pada tanggal 1 November sudah mulai diberlakukan upah minimum provinsi. Dan untuk kenaikannya bisa nanti saja, kabupaten/kota jangan sampai lebih kecil nilainya daripada UMP, dan itu saja merupakan batasan paling kecilnya,” Tutur Ahmad Heryawan saat dijumpai di Gedung Sate Bandung, (30/10/17).

Aher pun berharap agar setelah ia menekan UMP 2018 maka hilanglah sudah permasalahan yang kerap terjadi di antara buruh dengan para pengusaha. “Semoga tidak ada lagi permasalahan di antara buruh dan pengusaha, Saling memahami saja. Dan itulah yang akan menciptakan keselarasannya,”

Sedangkan Ferry Sofwan Arif selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemprov Jawa Barat menuturkan bahwa pada tanggal 23 Oktober 2017 lalu, Dewan Pengupahan Provinsi Jabar telah menyepakati serta memberikan rekomendasi terkait UMP Jabar 2018 dengan angka Rp 1.544.360,67. Dan nilai tersebut mulai berlaku tahun depan, tepatnya pada tanggal 1 Januari 2018.

“Dan sampai saat ini masih dalam proses di Setda Pemprov Jabar dan hampir rampung, dan bakal langsung ditandatangani oleh Pak Gubernur.” Ungkapnya.

Rumus Perhitungan UMP

Bila sebelumnya, UMP Jabar 2017 bernilai sebesar Rp 1.420.624,29. Maka kenaikan tersebut mencapai 8,25 persen dari tahun sebelumnya. Ferry pun mengatakan bahwa, Rumus perhitungan UMP 2018 diambil berdasarkan perhitungan UMP tahun 2017 kemudian ditambah dengan hasil perkalian antara UMP 2017 dengan perjumlahan tingkat inflasi nasional di tahun ini. Sementara tingkat pertumbuhan produk domestik bruto pun ada di tahun ini.

“Hal ini tentu pas dan sesuai dengan ketentuan pada pasal pasal 44 ayat 2 peraturan pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan,” Tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *