Peraturan Bola Basket

3 min read

peraturan Bola basket

Peraturan bola basket wajib diketahui oleh anda yang sedang belajar bermain bola basket. Jika anda tidak mengetahui peraturan permainan bola basket, yang ada nanti kita melakukan pelanggaran yang mengakibatkan kita mendapatkan hukuman.

Setiap pemain bola basket pasti tahu peraturan bermain bola basket terbaru yang dikeluarkan oleh FIBA. Peraturan tersebut biasanya diterapkan di berbagai liga basket di dunia, baik NBA ataupun NBL di Indonesia.

Baca juga: Peraturan Bola Voli Standar FIVB dan PBVSI 2021

Peraturan Bola Basket Internasional FIBA

Peraturan bola basket menurut FIBA bisa diakses langsung dari situs resmi FIBA, atau anda download di sini, dalam format pdf yang bisa anda pelajari melalui laptop, smartphone atau gadget anda lainnya. Peraturan tersebut sudah direvisi dari tahun ke tahun, sedangkan peraturan terbaru bola basket internasional FIBA di tahun 2016 ini mengacu pada peraturan yang sudah ditetapkan pada tahun 2014 lalu.

Pada peraturan tersebut, ada banyak peraturan yang meliputi peraturan perwasitan bola basket hingga peraturan perlengkapan bola basket, ukuran lapangan bola basket hingga peraturan tentang 5 detik, 8 detik serta masih banyak lagi.

Peraturan Bola Basket Secara Umum

Peraturan permainan bola basket secara umum adalah sebagai berikut :

Jump Ball

JUMP BALL adalah tanda awal permainan basket dimulai. Jump ball bermakna bola dilemparkan ke atas oleh wasit dimana dua pemain antara tim saling berhadapan untuk memperebutkan bola basket tersebut di tengah lapangan. Sedangkan masing-masing pemain lainnya berdiri di luar lingkaran tengah lapangan.

Held Ball

HELD BALL adalah bola dipegang oleh dua pemain yang saling memperebutkan bola dalam waktu yang cukup lama. Ketika hal ini terjadi, wasit boleh memutuskan untuk melakukan jump ball kembali.

Peraturan 3 Detik

Peraturan 3 detik bola basket dilakukan jika seorang pemain berada di wilayah yang dilarang melebihi 3 detik di saat bola dalam kontrol timnya. Peraturan 3 detik dalam permainan bola basket ini tidak berlaku jika :

  1. Bola berada di udara saat akan mencetak skor.
  2. Saat terjadi saling rebut bola.
  3. Bola mati.
  4. Bola tidak dalam kontrol dari tim sendiri.

Jika pelanggaran 3 detik ini dilakukan, maka tim lawan boleh melakukan lemparan ke dalam yang dilakukan dari garis samping terdekat lapangan.

Lemparan ke Dalam

Lemparan ke dalam dilakukan dengan harus memenuhi peraturan sebagai berikut :

  1. Pemain yang melakukan lemparan tidak boleh menyentuh bola sebelum pemain lain menyentuh bola tersebut terlebih dahulu setelah dilemparkan.
  2. Pemain yang melakukan lemparan tidak boleh melewati garis batas lapangan sebelum bola tersebut dilemparkan.
  3. Di saat akan melemparkan bola, pemain tidak boleh memperlambat permainan dengan menahannya lebih dari 5 detik.

Jika pelanggaran saat melakukan lemparan tersebut dilakukan, maka tim lawan lah yang akan melakukan lemparan ke dalam.

Personal Foul

Personal foul atau dalam bahasa Indonesia disebut Kesalahan perseorangan (Personal foul) adalah ketika pemain melakukan pelanggaran kepada salah satu tim lawan, bentuk dari personal foul ini bisa berbentuk :

  1. Blocking (Penghadangan) adalah persinggungan pemain yang menghalangi gerak maju lawan.
  2. Holding (Memegang) adalah persinggungan pemain dengan merintangi kebebasan bergeraknya lawan.
  3. Pushing (Mendorong), adalah persinggungan pemain dengan mendorong lawan.
  4.  Guarding from the rear (Penjagaan dari belakang), adalah persinggungan pemain yang terjadi saat mencoba merebut bola dari belakang lawan yang sedang memegang bola.
  5. Charging (Menubruk), adalah persentuhan badan dengan sengaja dari seorang pemain dengan atau tanpa bola.
  6. Screening (Membayangi) adalah usaha seorang pemain untuk membayangi lawan yang tidak sedang menguasai bola.

Hukuman untuk jenis-jenis personal foul tersebut di atas adalah dengan memberikan lemparan ke dalam untuk pihak lawan.

Back Ball

Back ball bermakna bola dikembalikan ke belakang. Ada aturan permainan bola basket jika bola dikembalikan ke belakang, yaitu pemain yang sudah berposisi di bagian depan menerima/menguasai bola tidak boleh mendribel atau mengoper bola ke arah belakang lapangan sendiri. Apabila back ball ini dilakukan, hukumannya sama seperti pelanggaran lainnya yaitu lemparan ke dalam untuk lawan.

Dribble

Dribble adalah menggiring bola. Dalam bola basket, ada aturan mengenai dribble atau menggiring bola ini, peraturan menggiring bola ini adalah :

  1. Tidak boleh memantulkan bola kedua kalinya setelah bola dipegang oleh satu/dua tangan;
  2. Tidak boleh memantul-mantulkan bola dengan kepalan tangan;
  3. Tidak boleh memantul-mantulkan bola dengan mendorong bola ke lantai dari atas pinggang;
  4. Tidak boleh memantul-mantulkan bola menggunakan kedua tangan.

Hukuman jika pelanggaran menggiring bola di atas dilakukan, maka seperti hukuman dalam pelanggaran lain yaitu lemparan ke dalam untuk lawan.

Membawa bola

Dalam peraturan bola basket, seorang pemain hanya boleh membawa bola maju atau mundur hanya dua langkah saja. Jika sang pemain melakukan lebih dari dua langkah, hukumannya adalah lemparan ke dalam bagi pihak lawan.

Baca Juga: Tinggi NET Bola Voli Putra & Putri

Peraturan Bola Basket 3 ON 3

Permainan bola basket 3 on 3 yaitu bermain bola basket 3 pemain melawan 3 pemain lainnya. Dan setiap tim berusaha memasukkan bola ke ring basket sebanyak mungkin. Tidak ada aturan pasti mengenai 3 on 3 ini karena tujuannya biasanya untuk berlatih memasukkan bola. Namun bisa juga mengikuti aturan di atas asalkan setiap pemain saling sportif dan memahami peraturan bola basket. Dalam permainan ini harus memperhatikan kerjasama regu, semangat, sportifitas, dan menghargai lawan.

Tugas Wasit Bola Basket

Wasit memiliki hak penuh memimpin serta menegakkan peraturan bola basket yang sedang dipertandingkan di lapangan, tugas wasit tersebut meliputi :

  1. Melemparkan bola ke atas (jump ball) pada tiap permulaan babak atau ketika terjadi pelanggaran tertentu.
  2. Memeriksa dan mengesahkan semua perlengkapan bola basket atau alat pertandingan termasuk alat-alat petugas meja.
  3. Menetapkan jam permainan yang resmi dan menyesuaikan tanda perwasitan kepada wasit II dan petugas meja.
  4. Melarang pemain yang menggunakan alat-alat yang dapat membahayakan pemain lain.
  5. Bila terjadi perbedaan pendapat mengenai gol yang terjadi, maka wasit I harus memutuskan masuk atau tidaknya.
  6. Berhak menghentikan pertandingan bila keadaan menghendaki.
  7. Bila di antara petugas meja terdapat perbedaan pedapat, wasit I harus memutuskan persoalan ini.
  8. Memeriksa dan mensahkan angka dalam daftar angka pada tiap akhir suatu babak.
  9. Memutuskan setiap peristiwa yang tidak tertampung dalam peraturan permainan dan peraturan pertandingan.

Demikianlah peraturan bola basket yang kami ambil dari berbagai sumber untuk melengkapi pengetahuan olahraga kita semua. Semoga saja tulisan tentang peraturan bola basket di atas bisa dipahami agar ketika kita bermain Basket. kita tidak sering melakukan pelanggaran.

Hal yang perlu kita ingat adalah, meskipun kita mempunyai teknik bola basket ala Michael Jordan atau Kobe Bryan, tapi kita tidak mengerti peraturan bermain bola basket, maka kita sama saja dengan pemain jalanan