Peraturan Bola Voli Standar FIVB dan PBVSI 2021

Peraturan Bola Voli

Peraturan Bola Voli menurut standar FIVB dan PBVSI sangat banyak sekali. Jika anda adalah penggemar permainan bola voli, anda tidak hanya harus mengetahui Ukuran lapangan bola voli dan teknik dasar bola voli saja, tapi anda juga harus mengetahui serta mampu menerapkan peraturan bola voli dalam permainan bola voli di setiap pertandingan bola voli yang diadakan dalam sebuah turnamen.

Peraturan Bola Voli Dunia

Peraturan bola voli di dunia mengacu pada peraturan permainan bola voli standar FIBA. Hal ini sangat penting diketahui oleh semua pihak terkait sebuah pertandingan bola voli. Terlebih lagi bagi seorang wasit, ia harus benar-benar hafal agar permainan bola voli bisa berjalan dengan semestinya. Memang perwasitan bola voli sangat wajib diketahui dan dipraktekkan di lapangan. Jadi tidak mungkin jika seorang wasit tidak mengetahui peraturan bola voli.

Untuk mengetahui peraturan bola voli dunia, anda bisa download peraturan bola voli terbaru 2021 standar FIVB. Semua tentang peraturan bola voli disajikan secara lengkap dalam format pdf yang bisa dibaca melalui laptop ataupun smartphone.

PERATURAN BOLA VOLI PBVSI dan FIVB

Permainan bola voli pada umumnya dijalankan oleh 2 tim dengan net sebagai pembatasnya. Setiap reli ada tim yang menang dan berhak untuk mendapatkan service serta memutar pemain searah jarum jam.

Permainan bola voli dimainkan oleh 6 tim dalam satu regu. Dan boleh mengganti pemain berkali-kali. Nah untuk lebih tahu peraturan bola voli bisa anda ketahui dibawah ini.

  1. Ukuran lapangan bola voli mempunyai bentuk persegi panjang dengan panjang 18 m dan lebar 9 m. Garis yang menjadi pembatas berukuran 5 cm dan biasanya menggunakan warna yang mencolok untuk lapangan. Lihat detailnya tentang ukuran lapangan bola voli disini.
  2. Ukuran Bola Voli mempunyai diameter 65 cm dengan berat 250 gram. Dan tekenan udara 0,48 kg/cm2 – 0,52 kg/cm2. Terbuat dari kulit halus empuk dan sejenisnya.
  3. Pemain Bola voli berjumlah 6 orang bermain di lapangan sedangkan sisanya cadangan. Biasanya tim mempersiapkan 12 orang mengantisipasi terjadi permainan yang lama. Dengan peran masing-masing sebagai spiker, tosser, blocker dan libero.
  4. Jaring net Bola voli juga termasuk dalam peraturan. Mempunyai tinggi 2.43 m untuk putra dan 2.24 m untuk putri. Sedangkan panjang 9.5 M dan lebar 1 M dengan mata jaring berukuran 10cm. Lihat detail tinggi net bola voli.
  5. Kelengkapan Pemain bola voli adalah salah satu peraturan yang juga ada ketentuannya. Setiap tim / regu menggunakan seragam dengan kelengkapan lainnya berupa sepatu dan penunjang agar maksimal bermain.
  6. Pergeseran pemain bola voli hendaknya mengikuti arah jarum jam. Peraturannya terjadi rotasi ketika memenangkan sebuah reli dan pemain berpindah posisi.
  7. Lama permainan bola voli tidak seperti pada permainan sepak bola. Bola voli berakhir jika salah satu tim menyentuh skor 25 atau skor 15 dengan selisih jarak 2 poin. Dan dalam satu permainan biasanya harus memenangkan 3 kali set atau 2 kali set tergantung dari peraturan yang ada dipertandingan tersebut menggunakan 5 kali set atau 3 kali set.
  8. Pemimpin Pertandingan dilakukan oleh wasit dengan satu wasit cadangan dan 4 wasit garis yang ditugaskan membantu pertandingan.
  9. Pelanggaran pada permainan bola voli beragam. untuk itu berikut ini pelanggaran yang ada:
    • Pemain tidak boleh menyebrang ke daerah lawan
    • Pemain melakukan service sebelum 8 menit dari wasit membunyikan peluit
    • pemain yang diganti tidak bisa bermain kembali selama satu set.
    • pemain libero hanya ada dibelakang dan tidak boleh melakukan smash.
    • Kesalahan berat pemain akan berimbas pada kartu kuning dan kartu merah (dikeluarkan dari lapangan)
    • Perputaran pemain yang salah bisa menjadi poin untuk lawan.

Sangat Banyak sekali peraturan bola voli yang wajib diketahui oleh semua orang yang tertarik dalam permainan bola voli. Oleh karena itu, untuk mengaplikasikannya, kita harus sering-sering bermain bola voli sehingga kita terbiasa dengan pelanggaran apa saja yang sering dilakukan dalam pertandingan olahraga bola voli.

Demikian penjelasan panjang mengenai peraturan bola voli terbaru yang kami ambil dari beberapa sumber seperti buku Pelajaran PJOK, semoga dengan mengetahui beberapa peraturan bola voli, kita jadi semakin mencintai permainan bola voli ini.

Akhir kata, taatilah peraturan bola voli agar kita bisa menjadi salah satu pemain yang tidak hanya memahami teknik dasar permainan bola voli semata, tapi juga kita mampu menjadi pemain bola voli yang taat peraturan.

You May Also Like

About the Author: Damar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *