Sejarah Bulu Tangkis Dunia dan di Indonesia

Sejarah bulu tangkis, – Lodaya News : pada tulisan ini, akan membahas mengenai berbagai peristiwa sejarah perkembangan bulu tangkis dari masa ke masa. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan sejarah bulu tangkis singkat, sejarah bulu tangkis Dunia dan di Indonesia, agar bisa dipahami lebih mudah oleh anda yang sedang mencari sejarah bulu tangkis.

Sejarah Singkat Bulu Tangkis

Sejarah bulu tangkis dimulai sekitar ribuan tahun yang lalu, di mana beberapa informasi menyebutkan olahraga ini berkembang di Negara Mesir Kuno. Namun ada pula yang menyebutkan bahwa olahraga ini berkembang dan sukses di Negara Cina. Bahkan, olahraga bulu tangkis ini dulunya dimainkan tanpa menggunakan raket. Sehingga masyarakat keturunan nenek moyang Tionghoa memainkannya dengan kaki, sama seperti olahraga sepak takraw dan berusaha agar kok tidak sampai jatuh ke atas tanah. Di Cina, olahraga ini dulu dikenal dengan Jianzi.

Sejarah bulu tangkis memiliki cerita yang berbeda di negara Inggris. Di Inggris, dahulu permainan bulu tanggis dimainkan dengan tongkat, bukan raket, untuk memukul kok. Tujuannya agar kok tidak jatuh ke atas permukaan tanah, maka kok harus selalu berada di udara. Permainan bulu tangkis ini dikenal dengan nama battledores.

Permainan battledores ini kemudian dikembangkan ke negara lainnya, termasuk Cina, yang sudah terlebih dahulu mengenal olahraga ini meski tanpa menggunakan alat untuk memukul. Kemudian, olahraga ini menjadi olahraga favorit anak-anak di Asia. Akhirnya perkembangan olahraga bulu tangkis ini semakin menunjukkan ke arah yang lebih baik.

Hingga pada akhir sekitar abad ke 19, seorang tentara Inggris menambahkan hal baru dalam permaiann ini dengan sebuah jaring sebagai pembatas daerah lawan. Sehingga permainan ini dimainkan berhadapan dan bersaingan. Kemudian dibawa kembali ke Inggris dan diberi nama badminton battledore. Tidak lama kemudian, dibentuk sebuah asosiasi olahraga bulu tangkis pada tahun 1893. Debut pertamanya adalah dengan kejuaraan internasional yang dikenal dengan All England.

Pada tahun 1934, didirikan federasi yang dinamakan IBF (International Badminton Federation). Beberapa negara pelopor pendiri IBF ini adalah Skotlandia, Wales, Denmark, Kanada, Selandia Baru, Perancis, Irlandia dan Inggris. Dari tahun ke tahun anggota IBF semakin bertambah hingga pada tahun 2006 namanya diubah dengan BWF (Badminton World Federation).

Olahraga Badminton ini masuk ke dalam daftar olahraga yang diprtandingkan pada Olimpiade di tahun 1992 yang diselenggarakan di Barcelona, Spanyol. Pada Olimpiade tersebut, Indonesia meraih dua medali emas.

Sejarah Bulu Tangkis Dunia

Dikutip dari halaman resmi BWF (Badminton World Federation), Sejarah perkembangan bulutangkis adalah salah satu yang sangat panjang dan rumit untuk ditemukan siapa penemu olahraga ini. Di bawah ini adalah penjelasan singkat tentang sejarah permainan bulu tangkis di dunia.

Asal Mula Permainan Bulu Tangkis

Olahraga bulutangkis memiliki asal-usul di peradaban kuno di Eropa dan Asia. Permainan kuno yang dikenal sebagai Battledore dan Shuttlecock berasal lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Di tahun 1600-an olahraga Battledore dan Shuttlecock adalah hobi orang-orang kelas atas di Inggris dan beberapa negara lain di Eropa. Battledore dan Shuttlecock saat itu hanya dimainkan oleh dua orang memukul sebuah kok mundur dan maju dengan tongkat sederhana sebanyak yang mereka bisa tanpa membiarkannya menyentuh tanah.

Sejarah Kontemporer Bulu Tangkis

Suatu bentuk kontemporer bulutangkis – sebuah permainan yang disebut ‘Poon’, dimainkan di India pada 1800-an di mana jaring diperkenalkan dan pemain memukul shuttlecock di net. Perwira Inggris pada pertengahan 1800-an membawa permainan ini kembali ke Inggris dan diperkenalkan sebagai permainan untuk tamu dari Duke of Beaufort di rumah megah nya ‘Badminton’ di Gloucestershire, Inggris di mana olahraga ini menjadi populer.

Pada bulan Maret 1898, turnamen pertama diadakan di Guildford dengan nama ‘All England’ dan lalu diadakan pada tahun berikutnya. Denmark, Amerika Serikat dan Kanada menjadi pengikut setia dari permainan selama tahun 1930an.

IBF Didirikan pada tahun 1934

Kemudian pada tahun 1934, Federasi Bulutangkis Internasional dibentuk, dengan anggota awal termasuk Inggris, Wales, Irlandia, Skotlandia, Denmark, Belanda, Kanada, Selandia Baru dan Perancis, dengan India bergabung sebagai afiliasi pada tahun 1936.

Turnamen besar pertama IBF adalah Piala Thomas (Kejuaraan tim pria dunia) pada tahun 1948. Sejak itu, jumlah peristiwa dunia telah meningkat dengan penambahan Piala Uber (kejuaraan tim wanita), World Championship (kejuaraan individu), Piala Sudirman ( kejuaraan tim campuran), Kejuaraan Dunia Junior dan World Grand Prix.

Commonwealth Games Sport – 1966

Bulu tangkis diperkenalkan sebagai program olahraga Commonwealth Games di Kingston Jamaika pada tahun 1966 dan telah menjadi bagian dari setiap program Commonwealth Games sejak saat itu. Awalnya kelima nomor bulu tangkis termasuk – single (pria, wanita), ganda (pria, wanita) dan ganda campuran termasuk dalam program di Commonwealth Games.

Olimpiade Pertama – 1992

Setelah olahraga bulu tangkis ini diperkenalkan di Munich pada tahun 1972, bulutangkis akhirnya menjadi olahraga yang masuk dalam Olimpiade di Barcelona pada tahun 1992 dengan nomor single dan ganda saja yang diperkenalkan untuk pertama kalinya di Olimpiade.

Di Olimpiade Atlanta pada tahun 1996, nomor ganda campuran dimasukkan dan ini adalah satu-satunya nomor ganda campuran di semua olahraga Olimpiade.

Negara-negara berikut telah memenangkan medali di bulutangkis pada Olimpiade sejak diperkenalkan pada tahun 1992 – Cina, Denmark, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia dan Rusia.

Perubahan IBF menjadi BWF – 2006

IBF (International Badminton Federation) berubah nama menjadi BWF di tahun 2006

Sejarah Bulu Tangkis Nasional

Ketika Indonesia masih dalam penjajahan, ada beberapa kelompok yang senang berkumpul melakukan olahraga bulu tangkis. Namun asal muasal bulu tangkis di Indonesia pun masih menjadi misteri sama halnya seperti sejarah bulu tangkis di dunia.

Intinya, pada tahun 1951 sekumpulan orang di PORI (Persatuan Olahraga Republik Indonesia) mengajak semua kalangan yang ingin mengembangkan olahraga bulu tangkis di Indonesia untuk membentuk sebuah wadah khusus bulu tangkis.

Tepatnya pada 3 Mei 1951, PBSI (Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia) lahir di Bandung. Saat itu terpilihlah ketua umumnya A. Rochdi Partaatmadja, ketua I : Soedirman, Ketua II : Tri Tjondrokoesoemo, Sekretaris I : Amir, Sekretaris II : E. Soemantri, Bendahara I : Rachim, Bendahara II : Liem Soei Liong.

Perkembangan sejarah bulu tangkis Indonesia semakin menunjukkan hal yang positif, apalagi pada tahun 1992, ketika bulu tangkis resmi dipertandingkan dalam ajang Olimpiade, Indonesia mendapatkan 2 medali Emas.

Hingga kini, perkembangan bulu tangkis tanah air mengalami pasang surut meskipun tidak separah perkembangan sepak bola di Indonesia, banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bulu tangkis di negeri ini.

Pemain bulu tangkis Indonesia saat ini hanya nomor ganda saja yang masuk dalam 10 besar ranking dunia, yaitu : Hendra Setyawan dan M. Ahsan (Ganda putra, ranking 2), Nitya K. Maheswari dan Greysia Polii (Ganda Putri, urutan 4) serta Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir (Ganda Campuran, ranking 3). (Data Desember 2015, BWF).

Demikian ulasan mengenai sejarah bulu tangkis lengkap dari masa ke masa baik di Dunia ataupun di Indonesia. Tulisan ini bisa dijadikan makalah sejarah bulu tangkis ataupun bisa dijadikan rujukan Skripsi Pendidikan Olahraga anda semua. Untuk anda yang sedang berlatih bulu tangkis di tingkat SMP, selamat belajar bulu tangkis, semoga saja bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia nanti.

Leave a Comment