Tinggi NET Bola Voli Putra & Putri

Net merupakan salah satu peraturan bola voli yang mempunyai ketentuan. Tinggi net bola voli putra berbeda dengan net bola voli putri. Hal ini juga sudah disesuaikan dengan peraturan yang ada di FIVB sehingga PBVSI mengacu pada peraturan dunia.

Pada peraturan yang ada tinggi net bola voli putra adalah 2.43 meter sedangkan untuk putri adalah 2.24 meter. Dengan disertai panjang 9 meter dan lebar 1 meter.

Pada kedua sisi net dipasang sebuah antena sebagai batas dengan ketinggian 80 cm diatas tinggi net. Sementara untuk tinggi tiang net adalah 2.55 meter diukur dari ujung ke bawah menyentuh tanah. Pada bagian kedua sisi tiang net masih ada ruang longgar dengan ukuran 0.5 – 1 meter.

Bentuk net sendiri mempunyai ukuran jala 10 cm dengan persegi yang diapit oleh pita pada tepi atas berukuran 5 cm dan pita samping 5 cm.

Adapun aturan lain pada bola voli yaitu mengenai panjang lapangan yang mempunyai ukuran 18 meter dan lebar lapangan 9 meter. Untuk lebih detail bisa baca ukuran lapangan bola voli.

Nah itulah tinggi net bola voli putra dan putri yang benar menurut PBVSI dan FIVB. Semoga bisa membantu kamu sekalian dalam mengenal bola voli khususnya.

Leave a Comment