Ukuran Lapangan Bola Voli Standar PBVSI dan FIVB

Ukuran Lapangan bola voli

Ukuran lapangan bola voli beserta penjelasan dan keterangannya akan kami hadirkan pada kesempatan yang baik ini. Seperti kita ketahui, memang olah raga bola voli tidak setenar sepak bola dan bulutangkis. Akan tetapi, bagi anda yang gemar dengan olah raga ini, hasrat untuk membuat lapangan bola voli di wilayah anda muncul. Apalagi jika di daerah anda ada sekelompok orang yang sama-sama mencintai bola voli, pasti anda dan kawan-kawan tidak sabar ingin membuat lapangan bola voli sendiri di daerah anda.

Ukuran lapangan bola voli berdasarkan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia) sama saja dengan ukuran lapangan bola voli internasional. Namun keduanya jelas berbeda dengan ukuran lapangan bola voli mini yang dikhususkan untuk anak SD.

Ukuran lapangan bola voli yang umum ada di Indonesia, khususnya yang ada di desa-desa, memang terkadang tidak sesuai dengan ukuran standar lapangan bola voli nasional. Keterbatasan lahan yang ada di desa-desa atau perkampungan kadang membuat lapangan bola voli asal ada saja. Nahmun hal tersebut tentu tidak membuat antusias bermain voli mereka surut.

Untuk lebih lanjut membahas mengenai ukuran lapangan bola voli dan penjelasan serta gambarnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini :

Ukuran Lapangan Bola Voli Internasional

Menurut FIVB (Federation Internationale de Volleyball), Federasi Olahraga Voli Internasional, Ukuran standar lapangan bola voli Internasional adalah seperti pada gambar di bawah ini:
Keterangan gambar :

  • Panjang Lapangan bola voli adalah 18 Meter
  • Lebar Lapangan adalah 9 Meter
  • Lebar garis serang (daerah dekat net) adalah 3 meter.
  • Daerah ‘clearance’ (daerah menghalau bola) bagian belakang adalah umumnya dari mulai 3 meter – 8 meter.
  • Daerah clearance bagian samping samping umumnya dari mulai 3 meter hingga 5 meter.

Ukuran NET bola voli :

Lebar net = 1 meter

Tinggi net (dari permukaan lapangan)

Putra = 2,43 Meter
Putri = 2,24 Meter

Catatan : Ukuran lapangan bola voli nasional pun menggunakan standar Internasional.

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

Ukuran lapangan bola voli mini sangat berbeda jauh dengan ukuran lapangan bola voli pada umumnya. Hal ini dikarenakan bola voli mini dilakukan hanya agar olahraga bola voli bisa dimainkan oleh siapa saja. Biasanya bola voli mini dilakukan oleh anak-anak usia 9 – 13 tahun. Pemain dalam satu tim bola voli mini pun hanya 2 – 4 orang saja.

Ukuran Lapangan Bola Voli mini adalah :

  • Panjang = 9 – 12 Meter
  • Lebar = 4,5 – 6 Meter.
  • Tinggi net = 1,9 – 2 meter.

Aturan tentang ukuran lapangan bola voli mini tersebut seperti apa yang telah digariskan oleh FIVB. Namun pada prakteknya, kita bisa mengatur lapangan bola voli sendiri menyesuaikan ukuran lahan yang tersedia hehehe.

Baca ini dulu: Sejarah sepak bola

Demikian penjelasan mengenai ukuran lapangan bola voli, baik untuk tingkat senior putra putri, dan anak-anak, beserta penjelasan standar lapangan menurut FIVB dan PBVSI yang bisa kami hadirkan di hari yang mendung dengan hati yang tak mendukung. Bagi anda yang belum menguasai teknik-teknik dalam dunia voli, silahkan pelajari pada link di bawah :

You May Also Like

About the Author: Damar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *