Sejarah Tenis Meja di Dunia dan di Indonesia

2 min read

Sejarah Tenis Meja

Sejarah tenis meja sama seperti sejarah cabang olahraga lain di dunia. Sejarahnya begitu panjang meskipun tidak sepanjang dan bertele-tele seperti sejarah perang dunia. Dan, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa catatan mengenai sejarah olahraga tenis meja baik di Dunia maupun di Indonesia.

Sejarah Tenis Meja di Dunia

Sejarah tenis meja di dunia berawal dari Inggris. Pada tahun 1800, olahraga tenis meja ini dilakukan sebagai hobi semata. Pada waktu itu, meja makan dan bola yang terbuat dari gabus menjadi perlatan wajib dalam permainan ini. Mereka, orang-orang yang melakukan olahraga ini di Inggris menyebutnya dengan nama ‘Gossima’ atau ‘Flim-flam.

Akan tetapi, istilah tenis meja yang juga dikenal dengan nama ping-pong dipopulerkan pertama kali di Cina. Kemudian dengan perubahan zaman, permainan tenis meja mengalami perkembangan, seperti diperkenalkannya bola seluloid dan bet tenis yang terbuat dari kayu dilapisi bahan karet. Menurut sejarah lain, perkembangan tenis meja berawal dan populer di Amerika pada tahun 1900an.

Meskipun banyak klaim yang menganggap olahraga tenis meja berkembang di berbagai negara seperti Inggris, Cina dan Amerika, akan tetapi permainan tenis meja ini sempat mengalami kemunduran hingga akhirnya, muncul gerakan menghidupkan kembali permainan tenis meja ini dengan menjadikan permainan ini sebagai cabang olahraga yang serius pada tahun 1922.

Baca juga: Sejarah Bulu Tangkis Dunia dan di Indonesia

Pada tahun 1926, terbentuklah organisasi tenis meja bernama International Table Tennis Federation (ITTF) yang diikuti oleh 140 negara. ITTF ini selalu menjadi sponsor dalam pertandingan tenis meja tingkat dunia yang diadakan 2 tahun sekali.

Sejarah tenis meja mengalami perkembangan pesat di tahun 1950-1960 di mana olahrraga ini kian menyebar ke berbagai penjuru dunia seperti Jepang dan negara Asia lainnya. Pada tahun 1960 hingga tahun 1970an, Jepang dan China bersaing untuk menjadi negera dengan pemain tenis meja terbaik. Hingga pada akhirnya, tenis meja dipertandingkan sebagai salah satu cabang olahraga di gelaran turnamen Olimpiade di tahun 1988.

Sejarah tenis meja di dunia secara lengkap bisa dilihat pada halaman resmi ITTF di sini.

Sejarah Tenis Meja di Indonesia

Permainan tenis meja di Indonesia baru dikenal pada tahun 1930. Ketika itu, tenis meja cuma dilakukan di balai pertemuan orang-orang Belanda sebagai salah satu hiburan belaka. Cuma golongan tertentu saja dari golongan pribumi yang boleh mengikuti latihan tenis meja ini, antara lain keluarga pamong yang menjadi anggota dari balai pertemuan tersebut. Sebelum perang dunia ke II terjadi, sekitar tahun 1939, tokoh-tokoh tenis meja di Indonesia mendirikan PPPSI (Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia). Kemudia pada tanggal 5 Oktober 1951 dalam kongresnya di Surakarta, PPPSI mengalami perubahan nama menjadi PTMSI (Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia) atau All Indonesia Table Tennis Association.

Ketika KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) didirikan pada 1967, PTMSI langsung menjadi anggota mengikuti beberapa cabang olahrga lain. Lalu, pada tahun 1960, PTMSI resmi menjadi anggota TTFA (Table Tennis Federation of Asia) atau ATTU (Asian Table Tennis Union) di masa kini, kemudian, pada 1961 menjadi anggota ITTF (International Table Tennis Federation), dan kemudian di tahun 1996 menjadi anggota SEATTA (South East Asia Table Tennis Association).

Latar belakang berdirinya PTMSI (Saat masih bernama PPPSI) didasarkan oleh dua hal utama, yaitu: memasyarakatkan olahraga pingpong di Indonesia dan meningkatkan prestasi atlet-atlet pingpong, baik di tingkat nasional maupun internasional. Sejalan dengan perubahan dan penyempurnaan Anggaran Dasar (AD) PTMSI, latar belakang itu secara implisit terlihat dalam rumusan visi PTMSI, yaitu untuk mewujudkan cita-cita menciptakan manusia Indonesia seutuhnya yang dapat berkarya guna pembangunan, dapat berprestasi dan ikut serta dalam usaha perdamaian dunia.

Sejarah tenis meja masuk di Indonesia ini bisa anda baja pada halaman facebook PTMSI. Silahkan bergabung untuk meramaikan dan menciptakan komunitas pecinta tenis meja di Indonesia.

Demikian ulasan tentang sejarah tenis meja di dunia dan di Indonesia secara umum yang bisa anda pelajari dan bisa juga dijadikan makalah sejarah tenis meja pdf meskipun anda perlu menconvert tulisan dalam web ini dengan lebih baik lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *