Perilaku Konsumen

Pengertian perilaku konsumen merupakan reaksi konsumen dalam membeli suatu produk. Reaksi tersebut meliputi bagaimana konsumen memutuskan untuk membeli produk melalui pertimbangan tertentu seperti harga, kualitas, dan lain sebagainya.

Berdasarkan pengertian perilaku konsumen tersebut, terdapat beberapa ulasan yang menegaskan secara rinci tentang perilaku konsumen itu sendiri. Perilaku konsumen dibedakan atas penggolongan jenis, faktor, dan proses dalam mengenali perilaku konsumen.

Jenis-jenis Perilaku Konsumen

Jenis-jenis perilaku konsumen digolongkan pada dua jenis yaitu rasional dan irasional.

Rasional

Jenis perilaku konsumen rasional merupakan tindakan seorang konsumen untuk melakukan pembelian barang atau jasa dengan mempertimbangkan kebutuhan primer, daya guna, dan kebutuhan mendesak.

Ciri-ciri perilaku konsumen rasional dapat dilihat dari poin-poin berikut ini.

  1. Barang yang dibeli hanya berdasarkan kebutuhan semata.
  2. Mengutamakan nilai guna yang optimal ketika memilih produk.
  3. Kualitas adalah bagian dari prioritas.
  4. Mempertimbangkan harga ketika menginginkan produk.

Irasional

Jenis perilaku konsumen irasional merupakan tindakan konsumen dalam membeli barang yang tidak didasari oleh kebutuhan melainkan teriming-imingi oleh trik marketing produsen seperti diskon dan lain sebagainya.

Ciri-ciri perilaku konsumen irasional dapat dilihat dari poin-poin berikut ini.

  1. Tertarik pada promosi dan program diskon yang ditawarkan oleh produsen.
  2. Terpaku pada merek produk.
  3. Membeli produk berdasarkan keinginan atau gengsi tanpa mempertimbangkan nilai kebutuhan.
  4. Faktor yang Menyebabkan Perbedaan Perilaku Konsumen
  5. Faktor-faktor penyebab perbedaan perilaku konsumen didasari oleh motivasi, persepsi, sikap, integrasi, dan terkait.
  6. Motivasi; keinginan terkait apa yang menjadi tujuan konsumen.
  7. Persepsi; pendapat konsumen terhadap suatu produk di mana pendapat tersebut berangkat dari pengalaman.
  8. Sikap; merupakan cerminan akan perasaan terhadap sesuatu. Suka atau tidaknya konsumen terhadap suatu produk akan terlihat dari sikapnya.
  9. Integrasi; keserasian tindakan dan sikap konsumen terhadap suatu produk yang ditawarkan oleh produsen.
  10. Proses Mengenali Perilaku Konsumen
  11. Terdapat lima langkah dalam mengenali perilaku konsumen, di antaranya adalah sebagai berikut.
  12. Identifikasi Masalah; terkait pada cara konsumen membeli suatu produk atau membeli produk sebagai pemecahan sebuah masalah.
  13. Perolehan Informasi; penemuan informasi dilakukan dari berbagai sumber termasuk dengan memanfaatkan media elektronik.
  14. Evaluasi Alternatif; merupakan cara yang dilakukan untuk mengkaji kembali terhadap informasi yang telah diperoleh.
  15. Keputusan dalam Membeli; langkah ini dilakukan setelah konsumen mempertimbangkan evaluasi alternatif.
  16. Evaluasi Setelah Membeli; pada umumnya berisikan tentang testimoni atau kesan terhadap produk yang telah dibeli.

Nah, itulah ulasan mengenai jenis, faktor, dan proses mengenali perilaku konsumen. Ulasan tersebut dapat dipergunakan sebagai ide untuk menemukan inovasi dalam berbisnis.

Share Artikel Ini!!!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *